5 Cara Tepat Merawat Kucing yang Sedang Hamil Sampai Menyusui

Dec 21, 2018

Kucing hamil membutuhkan perawatan khusus yang berbeda dengan kucing lainnya. Hal ini dikarenakan perilaku kucing akan berubah menjadi lebih sensitif dan mudah stres. Biasanya kucing yang sedang hamil lebih suka menyendiri dan menjauh dari hewan lainnya. Kucingmu khawatir jika hewan lain dapat membahayakan calon anak kucing di dalam perutnya. 

Selain perubahan perilaku, kucing hamil juga mengalami perubahan dalam kebutuhan nutrisinya. Hal ini sangat penting untuk kamu ketahui, karena selain menyangkut kesehatan induk kucing, kecukupan nutrisi juga akan berpengaruh terhadap kesehatan dan tumbuh kembang anak kucing di masa depan. Jika nutrisi yang dibutuhkan kucingmu selama hamil tidak tercukupi, anak kucing yang akan dilahirkannya dapat memiliki risiko kesehatan yang serius. Tentu kamu tidak mau, bukan?

Agar tidak salah dalam merawat kucing yang sedang hamil, terutama tentang cara memberinya makan, kamu dapat menyimak uraian berikut ini. Inilah 5 cara tepat merawat kucing yang sedang hamil.

 

1. Sebelum Hamil

Persiapan sebelum hamil sangat penting. Kucing harus memiliki berat badan yang ideal untuk ras dan umurnya. Kekurangan maupun kelebihan berat badan dapat menyebabkan dampak negatif pada fungsi reproduksi kucing. Cara tepat merawat kucing hamil adalah dengan mengganti makanannya ke makanan khusus sebelum hamil. Makanan ini sebaiknya mengandung semua nutrisi penting untuk menjaga kesehatan induk dan calon anak kucing. 

 

2. Minggu Pertama Kehamilan

Pada minggu pertama kehamilan, kucing akan membutuhkan lebih banyak kalsium. Berikan kucingmu makan dengan cara seperti biasanyatanpa menambah porsi. Penambahan porsi baru dapat dilakukan pada minggu ketiga, namun penambahan ini maksimal hanya 10% dan dibagi rata dalam 3 kali waktu makan. Perubahan pola makan secara drastis pada kucing hamil dapat menimbulkan masalah perkembangan embrio. 

 

3. Satu Bulan Pertama

Satu bulan pertama kehamilan kucing merupakan masa yang penting. Dalam 4-5 minggu, embrio mulai tumbuh. Sebaiknya kamu mematuhi menu makan harian yang disarankan oleh dokter hewan. Dokter hewan akan merancang daftar menu dengan komposisi dan porsi yang tepat agar kucingmu tetap sehat selama hamil. Jika kamu tidak mengikuti saran dokter hewan, kucingmu dapat memiliki risiko kelebihan berat badan. Obesitas berbahaya bagi kucing hamil karena dapat menutup jalan lahir.

 

4. Mulai Minggu ke-5

Mulai minggu ke-5 kehamilan, kucing membutuhkan peningkatan protein dan lemak dalam makanannya. Mulailah memberi kucing hamil makanan sebanyak 4-5 kali sehari. kalau kucingmu masih tetap lapar dan terus-menerus meminta makanan, tingkatkan frekuensi makannya, namun jangan sampai dua kali lipat dari makanan yang biasa kucing konsumsi. Jangan lupa, memberi makanan terlalu banyak dapat berbahaya bagi kucing yang sedang hamil.

 

5. Masa Menyusui

Ketika masa menyusui, kucingmu masih membutuhkan perhatian khusus terkait nutrisinya. Kucing hamil dan menyusui membutuhkan makanan yang tepat dengan nutrisi seimbang. Jika kamu salah memberi kucingmu makan, berat badan kucing bisa turun. Hal ini berpengaruh terhadap jumlah susu yang diproduksinya. Kamu juga perlu memperhatikan suasana hati kucing yang sedang menyusui. Kucing yang sedang menyusui menjadi lebih sensitif. Ini dapat menyebabkan induk kucing tidak ingin menyusui anaknya. 

Itulah 5 cara tepat merawat kucing hamil, terkait dengan nutrisi dan cara memberinya makan. Hal penting lainnya adalah kucing harus selalu memiliki akses yang mudah untuk mendapatkan air minum bersih. Kucing yang sedang hamil dan menyusui butuh banyak minum. Untuk makanannya, pastikan kamu memberikan makanan khusus kucing hamil dari Royal Canin.