5 Cara Mudah Menurunkan Berat Badan Kucing yang Obesitas

Jan 02, 2019

Obesitas atau kelebihan berat badan merupakan salah satu masalah kesehatan yang sering terjadi pada kucing. Namun bukan berarti hal ini menjadi sesuatu yang wajar dan dibiarkan saja. Kamu perlu mengetahui cara menurunkan berat badan kucing agar kucingmu bisa memperoleh berat badan yang ideal.

Kelebihan berat badan perlu ditangani dengan serius karena dapat mempengaruhi kesehatan kucing secara keseluruhan. Tulang dan sendi kucing dapat mengalami gangguan kesehatan karena terlalu lama menanggung bobot tubuh yang berat. Kucing yang obesitas juga rentan terkena penyakit seperti diabetes dan gangguan jantung.

Bagi kucingmu yang mengalami kelebihan berat badan, sebaiknya kamu segera mengajaknya untuk melakukan program penurunan berat badan. Kamu perlu mengetahui cara yang tepat untuk menurunkan berat badan kucing. Simaklah penjelasan berikut ini tentang 5 cara menurunkan berat badan kucing dengan mudah. 

 

1. Olahraga Rutin

Kelebihan berat badan atau obesitas biasanya sering terjadi karena kucing kurang bergerak dan makan terlalu banyak. Dengan melakukan olahraga secara rutin, merupakan cara menurunkan berat badan kucing yang paling efektif dan patut kamu coba. Macam-macam olahraga untuk kucing yang bisa dicoba antara lain seperti, berjalan santai di sore hari, bermain bola, menangkap frisbee, dan bermain kejar-kejaran dengan kucing lainnya. Kamu juga dapat memberikan kucingmu mainan seperti roda berputar dan tikus mainan. Tidak perlu terlalu lama, buatlah kucingmu menggerakkan tubuhnya minimal 20 menit setiap harinya.

 

2. Hindari Stres

Menghindari stres dapat mendukung cara menurunkan berat badan kucing yang tepat. Hal ini dikarenakan kucing yang stres cenderung malas bergerak dan menjadi makan berlebihan. Kamu dapat mengajak ia bermain secara rutin untuk mengusir kebosanan yang dirasakan kucingmu. Selain sebagai olahraga, bermain secara rutin juga bisa membuat kucing terhindar dari stres.  Bermainlah dengan kucingmu dan tawarkan permainan baru untuk meningkatkan kreativitas dan membangkitkan keingintahuan kucingmu. 

 

3. Jangan Beri Camilan

Cara menurunkan berat badan kucing berikutnya adalah dengan tidak memberikan kucing makanan ringan atau cemilan. Jika makanan utama kucing sudah mengandung nutrisi lengkap dan seimbang, kucing tidak membutuhkan makanan cemilan. Mengkonsumsi makanan ringan di sela-sela waktu makan dapat meningkatkan berat badan kucing dengan cepat. Kebiasaan ini tidak baik untuk kesehatan kucing dalam jangka panjang.

 

4. Perhatikan Kandungan Nutrisi dalam Makanan Kucing

Memperhatikan kandungan nutrisi dalam makanan kucing sangat penting sebagai salah satu cara menurunkan berat badan kucing. Kucing termasuk hewan karnivora. Saluran pencernaan kucing dirancang khusus untuk mencerna daging. Kucing bisa makan lebih banyak namun kekurangan nutrisi.

Pilihlah makanan khusus kucing yang sudah terkenal dengan kualitasnya yang baik sesuai kebutuhan kucing, karena kebutuhan setiap kucing berbeda-beda.Kamu sebaiknya memberikan kucingmu Royal Canin agar nutrisi yang diperlukan kucingmu dapat terpenuhi. Royal Canin diformulasikan khusus sesuai kebutuhan nutrisi kucing berdasarkan usia, ras, pola hidup, dan kondisi khusus lainnya pada kucing.

 

5. Konsultasi ke Dokter Hewan

Jika kamu masih merasa kesulitan menerapkan cara menurunkan berat badan kucing, kamu perlu konsultasi ke dokter hewan. Jangan memberikan kucingmu obat-obatan untuk menurunkan berat badan tanpa petunjuk dari dokter hewan. Dokter hewan akan membantu kucingmu untuk memperoleh berat badan yang ideal secara aman. 

 

Itulah 5 cara menurunkan berat badan kucing yang mengalami obesitas. Sebaiknya kamu menerapkan cara-cara ini dengan konsisten sampai kucingmu memperoleh berat badan yang ideal. Kamu juga perlu mengingat untuk tidak pernah memaksa kucingmu melakukan sesuatu, seperti menyuruhnya berolahraga, ataupun mengajaknya jalan-jalan keluar rumah. Buatlah program penurunan berat badan dengan cara yang menyenangkan.