5 Cara Mudah dan Tepat Memandikan Anjing

Oct 09, 2018

Anjing yang tidak terjaga kebersihannya lebih rentan terserang penyakit. Selain itu, Anjing juga dapat menebarkan bibit penyakit ketika berkeliaran di dalam rumah. Tentu Pet Mates merasa enggan memeluk anjing yang kotor bukan? Memandikan anjing dapat menjadi solusi untuk menjaga kebersihan anjing dan menghindarinya dari risiko terkena penyakit kulit. 

Cara memandikan anjing tidaklah sulit. Namun, kamu perlu mengamati kebiasaan anjingmu terlebih dahulu. Cari tahu apakah anjingmu memiliki ketakutan yang berlebihan atau tidak bila terkena air. Jika anjingmu sangat takut dengan air, kamu perlu melatihnya secara perlahan-lahan untuk mengatasi rasa takut tersebut.

Berikut ini merupakan cara mudah dan tepat memandikan anjing yang bisa kamu lakukan untuk menjaga kebersihan anjingmu.

1. Siapkan Semua Perlengkapan 

Sebelum mengajak anjing ke kamar mandi, sebaiknya kamu telah menyiapkan semua perlengkapan yang dibutuhkan untuk memandikan anjing. Jangan biarkan anjing terlalu lama menunggu dan membuatnya melarikan diri. Sediakan sampo khusus anjing di tempat yang mudah terjangkau saat kamu memandikan anjing. Isi bak mandi dengan air secukupnya. Siapkan handuk kering yang lembut untuk mengeringkan tubuh anjing setelah mandi. Jangan lupa untuk menyiapkan alas yang tidak licin di bawah bak mandi. Ini untuk menghindari anjing terpeleset ketika keluar dari bak mandinya.

2. Buat Anjing Merasa Nyaman

Cara memandikan anjing dengan dipaksa tidaklah tepat. Ajaklah anjingmu bermain terlebih dahulu untuk menimbulkan rasa saling percaya. Buat anjing merasa nyaman berinteraksi denganmu. Kemudian ajak anjingmu ke kamar mandi secara perlahan. Jangan lakukan tindakan yang membuat anjing takut dan tertekan. Kamu sebaiknya menyiramkan air dan menggosok tubuhnya dengan lembut dan penuh kasih sayang. Ajaklah anjingmu mengobrol selama memandikannya.

3. Perhatikan Suhu dan Volume Air

Perhatikan suhu ruangan di kamar mandi. Anjing dapat mengalami sembelit jika terpapar suhu yang terlalu dingin. Perhatikan juga suhu air di dalam bak mandi. Gunakan air hangat untuk memandikan anjing. Cek terlebih dahulu suhu air agar tidak terlalu panas saat anjingmu masuk ke dalamnya. Jangan lupa untuk mengatur volume air di dalam bak mandi. Batas ketinggian air sebaiknya tidak melebihi dada anjing, karena dapat membuatnya kesulitan bergerak.

4. Bersihkan Anjing Secara Merata

Cara memandikan anjing yang mudah dan tepat berikutnya adalah dengan membersihkan tubuh anjing secara merata di seluruh tubuhnya. Basahi tubuh anjing terlebih dahulu. Kemudian tuangkan sampo ke telapak tanganmu dan gosok-gosokkan sampai berbusa. Oleskan busa sampo ke beberapa bagian di tubuh anjing seperti leher, pinggang, dan kaki anjing. Gosok tubuh anjing sampai busa sampo merata di seluruh tubuhnya. Bersihkan tubuh anjing sampai ke area-area yang sulit terjangkau seperti belakang telinga dan lipatan paha. Beri perhatian lebih pada daerah belakang anjing, karena biasanya area ini cenderung lebih kotor dibandingkan bagian lainnya. Setelah selesai, bilas tubuh anjing dengan air sampai bersih.

5. Keringkan Tubuh Anjing 

Cara memandikan anjing yang terakhir adalah mengeringkan tubuh anjing. Hindari menggunakan pengering rambut dengan suhu yang tinggi, karena akan membuat rambut anjing rusak. Gunakan handuk yang lembut untuk mengeringkan tubuh anjing. Ajak anjing ke luar rumah agar terpapar udara segar dan sinar matahari. 

Setelah kamu mengetahui cara memandikan anjing dengan tepat, kamu dapat mulai untuk memandikan anjingmu. Jangan lupa untuk tetap memperhatikan seberapa sering kamu dapat memandikannya. Pasalnya, anjing dapat merasa tidak nyaman jika kamu memandikannya terlalu sering. Selain itu, ada risiko anjingmu alergi terhadap zat kimia yang terkandung dalam busa pembersih yang digunakan saat mandi.

Cukupi kebutuhan nutrisi anjingmu untuk menjaga daya tahan tubuhnya terhadap serangan berbagai penyakit. Berikan makanan Royal Canin yang dibuat secara spesifik untuk memenuhi kebutuhan nutrisi anjing berdasarkan ras, usia, dan gaya hidupnya. Simpanlah makanan Royal Canin di dalam kemasan aslinya agar kualitasnya tetap terjaga.