5 Alasan Mengapa Kucing Suka Menjilat Dirinya Sendiri

Jan 02, 2019

Kucing termasuk hewan peliharaan yang mandiri dalam hal merawat tubuhnya.  Jika kamu pernah mengamati perilaku nya, tentu kamu pernah melihat ia menjilat dirinya sendiri. Pada dasarnya, kucing suka menjilati dirinya sendiri adalah untuk kebaikannya sendiri. Perilaku ini sangat wajar, karena merupakan sifat alami dari kucing. Justru akan menjadi suatu hal yang sangat aneh jika ia tidak menjilati dirinya sendiri lagi. Tahukah kamu alasan mengapa kucing menjilat dirinya sendiri? Daripada penasaran, mari disimak penjelasan berikut ini!  

 

1. Relaksasi

Alasan mengapa kucing menjilat dirinya sendiri yang pertama adalah untuk relaksasi. Kok, bisa? Ternyata, rambut kucing mengandung vitamin B yang dapat membantu menjaga keseimbangan mental kucing dan mengurangi stres. Inilah sebabnya kucingmu sering menjilati rambutnya ketika kamu mengajaknya ke dokter hewan atau mengajaknya ke sebuah pameran kucing. Kucing juga akan lebih sering menjilati rambutnya ketika pindah ke rumah baru. Hal ini dilakukan kucing agar merasa lebih tenang.

 

2. Menjaga Kesehatan Kulit

Alasan mengapa kucing menjilat dirinya sendiri selanjutnya adalah untuk menjaga kesehatan dan kelembapan kulitnya. Lidah kucing memiliki tekstur yang kasar dan terdapat tonjolan-tonjolan kapiler yang bentuknya seperti kail. Tonjolan ini memiliki manfaat untuk menghilangkan kotoran, rambut rontok, serta debu yang menempel pada kulit kucing. Sehingga kulit kucing dapat terawat dengan baik dan terhindar dari penyakit kulit dan parasit, salah satunya seperti kutu.

 

3. Menjaga Kelembapan Rambut

Selain teksturnya yang kasar dan terdapat tonjolan seperti kail, lidah kucing juga menghasilkan sebum. Sebum merupakan minyak alami yang berfungsi untuk menjaga keseimbangan kelembapan rambut. Sebum juga bermanfaat untuk mencegah rambut menjadi kering. Tidak heran jika kucing suka menjilati rambutnya sendiri. Ini artinya kucingmu sedang menjaga kelembapan rambutnya.

 

4. Mempertahankan Bau Khas Kucing

Alasan mengapa kucing menjilat dirinya sendiri yang perlu kamu ketahui berikutnya adalah sebagai bentuk perawatan baginya. Selain untuk membersihkan kotoran dan menjaga kelembapan, kucing menjilati dirinya untuk mempertahankan bau khas tubuhnya. Hal ini sangat penting bagi kucing untuk bisa mengenali satu sama lain. Kucing juga merupakan salah satu hewan yang sangat sensitif terhadap bau di sekitarnya. Itulah sebab, mengapa kucingmu sesegera mungkin akan menjilati dirinya sendiri setelah ada orang yang mengelus-elusnya. Kucingmu sedang berusaha mempertahankan bau khas tubuhnya.

 

5. Meniru Induknya

Alasan mengapa kucing menjilat dirinya sendiri selanjutnya adalah karena ketika masih menjadi anak kucing, kucingmu melihat induknya menjilati dirinya sendiri. Kucing akan meniru apa yang dilakukan oleh induknya. Pada masa itu, kucing belajar apapun dan akan mengikuti apa yang ia lihat. 

 

Nah, itulah 5 alasan mengapa kucing menjilat dirinya sendiri. Jika kucingmu tidak pernah terlihat menjilati dirinya sendiri lagi, sebaiknya kamu segera memeriksakannya ke dokter hewan. Siapa tahu kucingmu mengalami luka atau sakit pada bagian tubuhnya sehingga kucingmu tidak mau menjilati tubuhnya. Tanda-tanda seperti ini bisa menjadi gejala awal adanya masalah pada kucing.

Selain tidak pernah menjilat dirinya sendiri, kamu juga perlu waspada jika kucingmu menjadi terlalu sering menjilat dirinya sendiri di luar kewajaran. Terlalu sering menjilati dirinya sendiri bahkan menggigiti rambutnya bisa menjadi indikasi adanya masalah kulit pada kucingmu. Kucingmu mungkin mengalami gatal-gatal dan alergi pada kulitnya. Sebaiknya kamu segera memeriksakan kucingmu pada dokter hewan agar mendapatkan penanganan yang tepat. Jangan lupa untuk memberikan kucingmu Royal canin untuk membantu menjaga kesehatan kulit, rambut, dan kesehatan kucingmu secara keseluruhan, karena hanya Royal Canin yang mengerti kebutuhan dan keunikan nutrisi kucingmu. Kunjungi juga situs resminya di www.royalcanin.co.id. 

 

source: https://www.royal-canin.ru/cats/zdorove-i-ukhod/pochemu-koshki-vylizyvayut-sebya/