5 Alasan Mengapa Kucing Suka Mengeong Pada Malam Hari

Oct 09, 2018

Kucing termasuk hewan nokturnal yang lebih aktif pada malam hari. Seekor kucing mampu tetap terlelap di siang hari tanpa terganggu suara lalu lintas kendaraan maupun kebisingan aktivitas di dalam rumah. Kemudian saat malam tiba, kucing akan berlarian kesana kemari. Kucing mengeong pada malam hari bukan lagi hal yang aneh.

Mungkin kucingmu sudah mampu beradaptasi dengan kehidupan manusia. Siang hari ia akan terjaga dan malam hari ia dapat tidur dengan tenang. Namun ketika kucingmu tiba-tiba mengeong terus-menerus setiap malam, kamu perlu mencari tahu apa penyebabnya. Dengan mengetahui alasan mengapa kucing mengeong pada malam hari, maka kamu dapat mengambil tindakan yang tepat agar bisa mengatasi masalah tersebut.

Inilah Alasan Kucing Mengeong Pada Malam Hari

1. Kucing Ingin Kawin 

Kucing mengeong pada malam hari dengan suara nyaring dapat berarti ia ingin kawin. Keinginan kawin ini lebih kuat ketika malam hari dibandingkan dengan siang hari. Kucing akan mengeong dengan suara nyaring untuk memanggil-manggil pasangannya. Ia akan berusaha untuk bisa keluar dari rumah dan menemukan pasangannya. 

Dalam situasi seperti ini, kamu dapat mempertimbangkan untuk melakukan sterilisasi atau kebiri pada kucing. Sterilisasi dapat membuat emosi kucing lebih stabil dan menenangkannya. Kucingmu akan berhenti mengeong di malam hari karena keinginan untuk kawin.

2. Memanggil Manusia

Kucing mengeong pada malam hari bisa karena ia sendirian di dalam ruangan. Biasanya ini dilakukan anak kucing untuk memanggil manusia. Kucing merupakan hewan yang bisa mengalami stres bila kesepian. Ketika kamu menghampirinya, maka ia akan berhenti mengeong. Kamu dapat membiarkan kucingmu berada di dalam kamar tidurmu. Ini akan membuatnya merasa lebih nyaman.

3. Perubahan Lingkungan

Kucing akan mengeong pada malam hari saat  kondisi lingkungannya berubah. Contohnya ketika kucing pindah ke rumah baru atau dalam perjalanan jauh. Sebelum kucing terbiasa dengan tempat barunya, ia akan gelisah dan mengeong terus. Mengeong merupakan cara kucing untuk menunjukkan stres yang ia alami.

Kucing butuh waktu untuk menerima perubahan lingkungan. Kamu dapat membiasakannya mengenal tempat baru. Jika kamu sangat terganggu dengan perilakunya yang terus mengeong di malam hari, kamu dapat meminta dokter hewan untuk memberikannya obat penenang. 

4. Bosan

Bosan bisa menjadi alasan kucing mengeong pada malam hari. Kucing bosan dan ingin bermain. Ia berusaha membangunkanmu dari tidur. Tidak hanya mengeong, kucing yang bosan pun dapat berlarian, menyerang kakimu, dan membuat keributan di kamar. Perilaku ini merupakan upaya untuk mencari perhatian. 

Kamu dapat menyediakan mainan boneka tikus untuk melampiaskan naluri berburu kucingmu. Sediakan juga mainan lain agar kucingmu tidak bosan sepanjang malam. Tempatkan kucing di ruangan lain agar bebas bermain sendiri dengan mainannya. 

5. Menahan Sakit

Kucing mengeong pada malam hari bisa karena menahan sakit, ada bagian dari tubuhnya yang terasa nyeri. Bisa jadi kucingmu mengalami radang kandung kemih atau terdapat luka di tubuhnya. Penyakit di dalam tubuh kucing tidak dapat di lihat secara langsung. Kamu harus memeriksakan kucingmu ke dokter hewan untuk mengetahui penyakit yang diderita kucingmu. 

Kucing mengeong pada malam hari dapat mengganggu tetangga sekitarmu. Maka sebaiknya kamu segera mencari tahu penyebabnya dan secepat mungkin mencari solusinya. Kamu juga dapat mengajak kucingmu melakukan aktivitas fisik seharian agar ia merasa lelah dan dapat tidur dengan nyenyak di malam hari.