5 Tips Olahraga untuk Kucing yang Obesitas, Apa Saja?

Jan 16, 2019

Kucing termasuk hewan peliharaan yang mudah mengalami obesitas atau kelebihan berat badan. Makan terlalu banyak yang tidak diimbangi dengan olahraga merupakan pemicu meningkatnya berat badan kucing. Oleh sebab itu, olahraga sangat penting untuk menurunkan berat badan kucing yang obesitas. 

Olahraga merupakan salah satu cara yang efektif untuk menjaga berat badan yang ideal bagi kucing. Namun tidak semua kucing mudah untuk diajak berolahraga.  Beberapa kucing lebih menyukai menghabiskan waktunya dengan berjemur di bawah sinar matahari.  Kamu perlu kreatif dalam mengajak kucingmu olahraga.  Berikut ini 5 tips olahraga untuk kucing yang bisa kamu terapkan.

Makan Sambil Bermain

Tips olahraga untuk kucing yang pertama adalah dengan menggabungkan waktu makan dengan bermain. Gunakanlah naluri alami kucing yang gemar berburu. Nenek moyang kucing dahulu adalah pemburu sejati yang mengejar makanannya. Kamu bisa mengajak kucingmu melakukan permainan sederhana dengan menggunakan makanannya. Kamu juga bisa memberi makanannya di atas pohon agar ia lebih aktif saat makan.  

Luangkan Waktu Setiap Hari

Untuk menjaga berat badan yang ideal, ia perlu berolahraga setiap hari. Luangkanlah waktu 10-15 menit untuk mengajak kucingmu melakukan permainan yang melibatkan aktivitas fisik. Kamu dapat menggunakan mainan tikus, pancing, roda berputar,  dan mainan edukatif lainnya yang bisa membuat ia bergerak dan menjadikan lebih aktif.

Sesuaikan Olahraga dengan Usia Kucing

Tips olahraga untuk kucing berikutnya adalah menyesuaikan olahraga dengan usia kucing. Seekor anak kucing senang bergerak dengan aktif. Tubuhnya yang kecil dan ringan bisa berlarian dan melompat ke sana kemari. Namun tulang dan persendian anak kucing belum berkembang dengan baik dan rentan patah. Kamu sebaiknya menyesuaikan olahraga yang cocok untuk anak kucing.

Jika ia sudah memasuki usia senior, sebaiknya kamu tidak mengajaknya berolahraga terlalu berat. Stamina kucing senior mulai menurun dan lebih mudah lelah. Kucing senior juga rentan terhadap gangguan jantung. Oleh sebab itu, sebaiknya kamu berkonsultasi ke dokter hewan terkait dengan olahraga apa yang cocok untuk kucing senior. 

Gunakan Alat yang Ada di Sekitar Rumah

Tips olahraga untuk kucing selanjutnya yang bisa kamu lakukan adalah dengan menggunakan alat-alat yang sudah tersedia di rumah. Kamu bisa mengajak kucingmu melakukan permainan seperti bermain kertas gulungan tisu toilet atau kotak kemasan makanan. Arahkan kucingmu untuk terus bergerak secara aktif selama bermain. 

Sediakan Sarana untuk Memanjat

Kebanyakan kucing sangat suka memanjat dan mendaki apapun. Memanjat juga termasuk olahraga bagi kucing. Tips olahraga untuk kucing yang terakhir ini adalah sediakan sarana untuk kucing memanjat. Jika dilakukan secara rutin, memanjat dapat membantu meningkatkan kebugaran kucing. 

Kamu bisa menyediakan sebuah tangga dengan beberapa macam tingkatan yang menantang bagi kucing untuk memanjat lebih tinggi. Gunakanlah kayu yang kuat untuk memastikan kucing tetap aman dan tidak terjatuh ketika memanjat. Kamu juga dapat menggunakan pohon di sekitar rumahmu. Selain untuk memanjat, pohon juga bisa digunakan sebagai media kucing untuk menggaruk. 

Itulah 5 tips olahraga untuk kucing yang obesitas. Sebaiknya kamu juga mengimbangi aktivitas kucingmu dengan memberikannya makanan dengan nutrisi yang lengkap. Berikan kucingmu Royal Canin agar kebutuhan nutrisinya tercukupi dengan baik, karena hanya Royal Canin yang mengerti keunikan dan kebutuhan nutrisi mereka. Temukan nutrisi lengkapnya di www.royalcanin.co.id. 

source: http://www.mypetreference.com/2014/12/08/The-Exercise-Connection-to-Healthy-Cat-Weight-Loss