5 Hal yang Perlu Kamu Perhatikan Agar Anjingmu Tidak Buang Air Sembarangan

Jan 16, 2019

Anjing yang buang air sembarangan tentunya cukup merepotkan bagi sebagian pemiliknya. Tetapi, Pet Mates juga harus tahu bahwa kemampuan anjing untuk bisa buang air di toilet tentunya harus dilatih sejak dini. Hal ini memiliki tujuan agar Pet Mates dapat mengurangi risiko dan juga kerepotan dalam membersihkan rumah maupun perabotan yang terkena air kencing atau kotoran. Selain itu, rumahmu juga akan tetap bersih dan terhindar dari aroma tidak sedap yang ditimbulkan akibat anjingmu buang air sembarangan. 

Apakah sulit untuk mengajarkan anjing buang air pada tempatnya? Jawabannya adalah tidak sulit. Namun kamu perlu untuk konsisten dan sabar dalam melatih anjingmu. Kamu juga perlu memperhatikan beberapa hal agar ia tidak buang air sembarangan. Yuk, simak uraian berikut ini, ya! 

Pasang Alarm

Ketika kamu mulai mengajarkan anjing buang air pada tempatnya, aturlah penghitung waktu di smartphone untuk mengingatkan waktunya mengajak anjing ke toilet setiap 1-2 jam. Lakukan secara konsisten agar ia terbiasa. Kalau kamu tidak sering mengajaknya ke toilet, ia akan membutuhkan lebih banyak waktu untuk latihan. Pastikan kamu mengajaknya ke toilet setiap sehabis makan, saat bangun tidur, dan setelah bermain.

Komando yang Tepat 

Salah satu hal yang perlu kamu perhatikan dalam mengajarkan anjing buang air pada tempatnya adalah, memberikan komando yang tepat pada saat tepat. Ketika kamu melihat ia berputar-putar di dalam ruangan, tunggu sampai anjingmu mulai buang air sembarangan, kemudian katakan dengan tegas pada anjingmu “Tidak!”. Jika sudah, ajaklah anjingmu ke toilet untuk buang air. Jika anjingmu dapat buang air di toilet dengan benar, berikan ia pujian dan hadiah.

Perintah ke Toilet

Mengajarkan anjing buang air pada tempatnya akan lebih mudah dilakukan dengan kata perintah. Perkenalkan sebuah kata perintah saat anjing ingin buang air kecil atau buang air besar. Kamu bisa mengatakan “Toilet!” atau “Ke belakang!” untuk memerintahkan anjingmu buang air di toilet. Pet Mates, jika kamu konsisten menggunakan kata perintah yang sama, tentunya anjingmu akan lebih cepat memahami bahwa ia harus buang air di toilet.

Berikan Pujian

Pet Mates, cara lain yang bisa kamu lakukan adalah dengan memberikan anjingmu pujian ketika ia melakukan hal yang benar, karena sangat penting untuk dilakukan agar anjingmu memiliki kesan yang positif. Kamu juga dapat mengajarkan anjing buang air pada tempatnya dan memberikan pujian setelah melakukannya dengan baik.  Anjing menyukai pujian, karena pujian dapat meningkatkan kepercayaan diri anjing dan membantunya mengingat kesan positif, yang akan membuat anjingmu semakin mudah dilatih.

Jangan Menghukum

Hal berikutnya yang perlu kamu perhatikan dalam mengajarkan anjing buang air pada tempatnya adalah tentang memberikan hukuman. Sebisa mungkin, jangan menghukum anjingmu ketika ia melakukan sesuatu yang tidak kamu harapkan. Walaupun ia buang air sembarangan di dalam ruangan, sebaiknya kamu tidak menghukum anjingmu. Ajaklah anjingmu lebih sering ke toilet agar ia tidak buang air di dalam ruangan.

Itulah 5 hal yang perlu kamu perhatikan dalam mengajarkan anjing buang air pada tempatnya. Saat baru mengadopsi anak anjing, kamu perlu mengajarkan banyak hal kepada anjingmu, karena ia butuh untuk beradaptasi dengan lingkungannya yang barudan agar tidak mengalami stres. Oleh karena itu, sebaiknya kamu bisa memaklumi ketika anjingmu buang air sembarangan. Berikan anjingmu kesempatan untuk membiasakan diri di lingkungan barunya. 

Kamu bisa berkonsultasi kepada dokter hewan jika anjingmu tetap buang air sembarangan. Bisa jadi anjingmu mengalami masalah kesehatan yang menyebabkannya kesulitan untuk menahan buang air. Kamu juga perlu membantu mendukung kesehatan saluran pencernaan dan saluran kemih anjing dengan makanan yang cukup mengandung serat dan mineral penting. Berikan anjingmu Royal Canin untuk membantu menjaga kesehatan anjingmu, karena hanya Royal Canin yang mengerti keunikan dan kebutuhan nutrisi anjingmu. 

source: http://www.royalcanin.in/pet-care-blog/dog/training-behaviour/toilet-training-your-puppy