5 Hal yang Perlu Diperhatikan Jika Ingin Mengajak Anjing ke Tempat Kerja

Jan 23, 2019

Ketika kamu memutuskan untuk memelihara anjing, itu artinya kamu harus bertanggung jawab memenuhi kebutuhan anjingmu. Mulai dari, memberi makan dan mengajak anjing jalan-jalan akan menjadi rutinitas sehari-hari. Anjingmu juga perlu dilatih untuk bertemu orang-orang baru dan mengunjungi tempat-tempat baru. Terlebih lagi untuk kamu yang sibuk bekerja, pernahkah Pet Mates berpikir untuk mengajaknya ke tempat kerja?

Mengajak anjing ke tempat kerja bukanlah hal yang mustahil. Beberapa perusahaan memberikan kesempatan kepada karyawannya untuk mengajak hewan peliharaan ke tempat kerja pada hari tertentu. Berdasarkan penelitian, kehadiran anjing di tempat kerja efektif mengurangi stres, meningkatkan produktivitas, dan membantu menciptakan keseimbangan kehidupan kerja yang lebih baik.

Pet Mates bisa mengajak anjing ke tempat kerja jika memang kondisinya memungkinkan. Namun sebelum mengajak anjingmu ke tempat kerja, sebaiknya kamu mengetahui kondisi anjingmu dengan baik, dan perhatikan terlebih dahulu beberapa hal berikut ini sebelum mengajak anjingmu ke tempat kerja. Apa saja?

 

Kemampuan Anjing Bersosialisasi

Jika kamu ingin mengajak anjing ke tempat kerja, kamu perlu memahami apakah anjingmu mampu bersosialisasi dengan baik atau tidak. Anjing yang ramah dan cepat akrab dengan orang baru tidak akan kesulitan jika diajak ke tempat kerja. Anjing akan merasa nyaman dan dengan mudah dapat bersosialisasi. Namun jika anjingmu termasuk anjing yang penakut, bertemu banyak orang baru akan membuatnya gelisah dan merasa tidak nyaman.

Kamu dapat melatih anjingmu secara bertahap agar bisa bersosialisasi lebih baik. Kamu sebaiknya mengajak anjing ke tempat kerja setelah jam kerja berakhir atau pada hari libur. Suasana kantor yang sepi dapat mengurangi rasa cemas pada anjing. Biarkan ia mengenali lingkungan kantor terlebih dahulu sebelum bertemu dengan banyak orang maupun hewan peliharaan lain. Jika ia sudah mulai terbiasa, kamu bisa mengajaknya untuk ke tempat kerja pada kesempatan berikutnya.

 

Kebiasaan Anjing

Kebiasaan anjing sehari-hari di rumah perlu kamu perhatikan sebelum mengajak anjing ke tempat kerja. Jika anjingmu terbiasa untuk diajak bermain ke luar rumah setiap jam, maka anjingmu kemungkinan tidak cocok untuk diajak ke tempat kerja. Pada saat kamu bekerja, kadang-kadang kamu tidak dapat memastikan kapan waktu yang longgar untuk mengajak anjingmu bermain. Mungkin kamu sedang rapat yang berlangsung cukup lama dan tidak bisa ditinggal. Tentu anjingmu akan merasa bosan jika dibiarkan menunggu terlalu lama.

 

Pentingnya Vaksinasi

Vaksinasi sangat penting dilakukan sebelum mengajak anjing ke tempat kerja. Anjing yang tidak divaksinasi memiliki risiko lebih tinggi untuk terjangkit penyakit dan tertular dari hewan peliharaan lain yang ada di tempat kerja. Selain itu, bisa jadi anjingmu juga dapat menyebarkan penyakit ke hewan lain jika tidak divaksinasi. Kesehatan dan keselamatan hewan peliharaan perlu menjadi prioritas. Bicarakan dengan dokter hewan apa saja vaksinasi yang diperlukan sebelum kamu mengajak anjingmu ke tempat kerja.

 

Fokus Pekerjaan

Ketika anjingmu ikut ke tempat kerja, apakah kamu dapat fokus melakukan pekerjaanmu? Sepertinya pertanyaan ini mudah dijawab, namun pada kenyataannya kebanyakan anjing membutuhkan perhatian lebih dan ini bisa mengalihkan fokusmu dari pekerjaan. Kamu bisa mengajak anjing ke tempat kerja jika anjingmu merupakan anjing yang tenang dan bisa menunggu di sampingmu tanpa mengganggu.

 

Kepatuhan Anjing

Anjing yang tidak pandai mengikuti perintah dasar mungkin sebaiknya tidak diajak ke tempat kerja. Tentu sangat tidak menyenangkan jika anjingmu merasa stres dan malah melakukan hal yang tidak menyenangkan. Tentu kamu tidak ingin anjingmu kencing di sepatu bos, bukan?  Perhatikan seberapa baik perilaku anjingmu dan apakah dia patuh terhadap perintah sebelum memutuskan untuk mengajak anjing ke tempat kerja.

 

Sekarang kamu sudah mengetahui 5 hal yang perlu diperhatikan jika ingin mengajak anjing ke tempat kerja. Untuk lebih jelasnya, kamu dapat konsultasi dengan dokter hewan tentang kesiapan anjingmu dan seperti apa lingkungan yang layak untuk dikunjungi anjingmu. Pastikan anjingmu dalam kondisi yang sehat. Kamu bisa membantu menjaga kesehatan anjing dengan memberikannya makanan dari Royal Canin, karena hanya Royal Canin yang mengerti keunikan dan kebutuhan nutrisi anjingmu. Kunjungi juga situs resminya di www.royalcanin.co.id. 

 

source: http://www.mypetreference.com/2016/05/09/TAKE-YOUR-DOG-TO-WORK-DAY-ARE-YOU-PREPARED