4 Cara Menghentikan Anjing dari Kebiasaan Menggigit

Oct 09, 2018

Anjing terkenal sebagai hewan yang suka menggigit. Bukan hanya menggigit makanan atau temannya saat bermain, anak anjing juga bisa menggigit perabot rumah, sepatu, dan benda apapun yang mereka temukan. Mungkin Pet Mates sering bertanya-tanya kenapa anjing menggigit dan bagaimana cara agar anak anjing berhenti menggigit.

Anjing telah memiliki kebiasaan menggigit sejak lahir, bahkan sebelum mereka memiliki gigi. Anak anjing belajar banyak hal dari menggigit. Saat menyusu pada puting induknya, anak anjing belajar dari sudut mana dia harus menggigit agar susu bisa keluar. Anak anjing juga belajar bagaimana mengendalikan kekuatan gigitannya agar induknya tidak menggeram atau malah pergi. 

Pada tahap selanjutnya, anak anjing mulai menggigit apa saja yang ditemukannya. Bahkan, mereka juga bermain dengan sesama anjing dengan cara saling menggigit. Maka tidak heran jika butuh cara efektif untuk menghentikan anjing dari kebiasaan menggigit. Pet Mates dapat menerapkan 4 cara agar anak anjing berhenti menggigit berikut ini.

1. Jangan Biarkan Anjingmu Bosan, Ajaklah Jalan-Jalan!

Cara agar anak anjing berhenti menggigit yang dapat kamu lakukan antara lain jangan membiarkannya bosan. Alasan anjing menggigit sepatu atau perabot rumahmu mungkin karena tidak ada kegiatan yang bisa dilakukannya. Ajaklah anjingmu jalan-jalan secara rutin dan bertemu dengan orang-orang baru setiap harinya. Berikan anjingmu aktivitas fisik yang cukup agar anjingmu tidak bosan. Kamu bisa mengajaknya bermain bola atau frisbee.

2. Sediakan Mainan 

Tidak cukup satu mainan, kamu perlu menyediakan anjingmu banyak mainan. Anjing termasuk hewan yang cepat merasa bosan jika terus-menerus memainkan satu buah mainan. Jika sudah bosan dengan mainannya, anak anjing akan beralih untuk menggigit ujung sofa, karpet, atau benda apapun yang dia temukan.

Cara agar anak anjing berhenti menggigit dengan memberikannya mainan adalah dengan siklus rotasi. Misalnya hari ini kamu memberikannya tiga buah mainan, simpanlah mainan yang lainnya. Setelah satu minggu, kamu dapat menyimpan tiga mainan tersebut dan mengeluarkan mainan lainnya secara bergantian. Dengan melakukan rotasi mainan seperti ini, anjing akan merasa selalu memiliki mainan baru. 

3. Berikan Anjingmu Cukup Perhatian

Sering kali alasan anjing menggigit adalah untuk mencari perhatian. Anjing ingin diperhatikan dan diajak bermain setiap waktu. Kadang-kadang anjing sengaja merusak barang berharga untuk menarik perhatian pemiliknya. Pet Mates dapat mengatasinya dengan memberikan anjing cukup perhatian dengan membelai rambutnya serta memberikan pujian. Jangan malas untuk mengajak anjingmu melakukan aktivitas fisik bersama. 

4. Konsultasi ke Dokter Hewan

Menggigit secara agresif bisa jadi pertanda bahwa anjingmu mengalami masalah emosional. Mungkin anjingmu stres karena dipisahkan dari pengasuhnya, atau cemas dengan rumah barunya. Anjing mengekspresikan kecemasannya dengan menggigit apa saja yang ditemukannya.

Jika anjing tiba-tiba mulai menggigit, padahal dia belum pernah melakukannya sebelumnya, ini merupakan tanda bahwa dia sedang menyampaikan sesuatu  kepada kita apakah dia sedang lapar atau ingin diajak bermain. Cara agar anak anjing berhenti menggigit adalah dengan berkonsultasi kepada dokter hewan. Dokter hewan  akan membantumu mengidentifikasi penyebab perubahan perilaku tersebut dan memberi tahu cara menanganinya dengan tepat.

Menggigit sembarangan dapat menyebabkan anjingmu menelan zat-zat yang tidak seharusnya. Lindungi saluran pencernaan anjingmu dengan memberikannya Royal Canin. Royal Canin diformulasikan secara spesifik sesuai kebutuhan anjing berdasarkan gaya hidup, ras, usia, dan bobot tubuh anjing. Dengan mengonsumsi makanan Royal Canin, anjingmu akan terhindar dari risiko sembelit dan hairballs.