3 Pilihan Ketika Harus Meninggalkan Kucing Selama Liburan

Jan 17, 2018

Apakah kamu memutuskan untuk meninggalkan kucing selama liburan? Jika iya, kamu membutuhkan solusi yang tepat agar kucing tetap terjaga pola makan dan gizinya, serta kebersihannya. Apalagi jika kamu ingin meninggalkan dalam kurun waktu yang lama. Kamu benar-benar harus memperhatikan hal-hal apa saja yang perlu disiapkan agar dapat meninggalkan kucing  dalam keadaan baik. 

 

Meski kucing termasuk hewan peliharaan yang mandiri, jika ditinggal oleh pemiliknya dalam waktu yang cukup lama akan membuatnya tertekan. Jika kamu pergi berlibur dan kamu tidak bisa membawa kucing untuk ikut serta, kamu harus memastikan bahwa kucing kamu berada dalam pengawasan yang tepat.

 

Solusi ketika meninggalkan kucing selama liburan

Berikut ini ada 3 solusi yang bisa kamu lakukan agar kucing tetap berada dalam pengawasan ketika kamu berlibur.

 

Membawa ke tempat penitipan kucing

Salah satu tempat terpercaya untuk menjaga dan merawat kucing ialah tempat penitipan kucing. Sekarang ini ada beberapa jasa penitipan hewan peliharaan yang bisa kita manfaatkan untuk menitipkan kucing ketika harus pergi ke luar kota untuk beberapa hari. 

 

Sebelum meninggalkan kucing selama liburan di tempat penitipan terpercaya, kamu bisa terlebih dahulu menghimpun informasi mengenai tempat tersebut. Kamu bisa memulainya dengan mengunjungi situs resminya lalu membaca hasil review dari pelanggan lain. Jika perlu, kunjungi tempat tersebut untuk memastikan apakah penjaganya berkompeten dalam menangani hewan peliharaan seperti kucing.

 

Salah satu hal yang menguntungkan adanya tempat penitipan hewan peliharaan ialah Pet Mates bisa merasa tenang ketika harus meninggalkannya. Sebab,  ada orang-orang ahli dan berpengalaman yang akan mengurusnya dengan  baik.  Semakin berkembangnya zaman, kini ada tempat penitipan khusus hewan peliharaan yang dilengkapi dengan kamera yang bisa diakses menggunakan telepon genggam. Jadi, pemiliknya bisa mengontrol keberadaan hewan peliharaannya ketika ditinggalkan di tempat tersebut. 

 

Dalam memilih tempat penitipan kucing, kamu harus ekstra hati-hati. Jangan sampai memilih tempat yang membuat si kucing merasa tidak nyaman. Misalnya saja, kucing tidak menyukai tempat yang terdapat banyak hewan peliharaan lainnya. Faktor ini harus kamu pertimbangkan sebelum menentukan pilihan tempat untuk menitipkan hewan peliharaan kamu.

 

Menitipkan kucing ke rumah saudara

Solusi selanjutnya bagi kamu yang berencana meninggalkan kucing selama liburan adalah dengan menghadirkan keluarga baru untuk kucing kamu. Caranya adalah dengan memindahkan kucing ke tempat baru, misalnya membawanya ke rumah saudara kamu.

 

Hal penting yang perlu kamu lakukan adalah membawa beberapa barang kesukaannya seperti mainan atau keranjang tidur. Tujuannya untuk membuat kucing merasa lebih nyaman di tempat barunya. 

 

Sebelum meninggalkannya, kamu bisa memberikan informasi kepada saudara yang akan menjaga kucing tersebut. Beri tahu mengenai hal-hal yang disukai dan tidak disukai oleh kucing.  Dengan begitu, kucing akan mendapatkan perlakuan sesuai dengan apa yang dia suka. 

Meminta seseorang untuk menjaga kucing kamu

Jika kucing kamu termasuk tipe hewan peliharaan yang tidak suka dengan tempat asing, kamu bisa tetap membiarkannya di rumah. Selama ditinggal liburan, kamu bisa meminta seseorang untuk mengawasinya. 

Pilihlah seseorang yang sekiranya dapat dipercaya demi keamanan. Sebab, dengan menyuruh orang menjaga kucing di rumah, kamu membiarkan seseorang berada di rumah kamu dengan bebas. Demi menjaga keamanan, sebaiknya mintalah bantuan saudara atau kerabat yang dapat dipercaya untuk merawat kucing sementara waktu ketika kamu pergi berlibur. Pilihan lain, kamu bisa menghubungi jasa penyedia perawat kucing yang memiliki reputasi bagus sehingga dapat dipercaya. 

 

Jika kamu berniat melakukan pilihan tersebut, kamu perlu membiasakan kucing bersama orang baru yang akan merawatnya. Sebelum meninggalkannya, mintalah orang tersebut untuk menghabiskan banyak waktu bersama kucingmu. Pastikan kamu juga menceritakan semuanya mengenai kucing kamu agar memahami bagaimana menghadapi kucing kamu nantinya.

 

Pertimbangkan baik-baik sebelum memilih salah satu diantara ketiga solusi meninggalkan kucing liburan. Pahami kucing kamu terlebih dahulu dan ajari dia untuk berlatih jauh dari kamu. Kenalkan juga kepada calon pengawas barunya. Akan lebih baik jika meninggalkan kucing selama liburan kepada orang yang sebelumnya pernah mengawasinya.

 

Pet Mates jangan lupa untuk menyiapkan stok makanan khusus kucing dengan jumlah yang cukup. Pastikan hanya makanan terbaik yang diberikan ke kucing selama kamu meninggalkannya selama liburan. Royal Canin adalah pilihan tepat untukmu dengan kandungan nutrisi seimbang yang baik untuk kesehatan kucing.