3 Jenis Gangguan Mata Pada Anjing dan Cara Mengobatinya

Oct 09, 2018

Selain penciuman dan pendengaran, anjing sangat mengandalkan penglihatannya. Aktivitas anjing bermain, berlari, dan berkejaran akan terhambat ketika matanya mengalami gangguan. Gangguan mata anjing tidak dapat dianggap sepele. Pet Mates sebaiknya mengetahui apa saja penyebab, gejala, dan jenis gangguan yang bisa menyerang mata anjing.

Penyebab dan Gejala Gangguan Mata Anjing

Penyakit mata pada anjing dapat dibagi menjadi dua kelompok, yaitu akut dan kronis. Penyakit mata akut merupakan penyakit yang terjadi secara tiba-tiba, umumnya terjadi karena kecelakaan yang menimpa anjing. Misalnya terkena cakar anjing lain, tertimpa batu, atau jatuh dari tempat yang tinggi. Gangguan mata anjing akut ini termasuk cedera bola mata, robeknya kelopak mata, dan luka pada kornea mata. 

Penyakit mata kronis terjadi dalam kurun waktu yang lebih lama. Bisa dalam hitungan bulan sampai bertahun-tahun. Menurunnya kesehatan mata pada penyakit mata kronis terjadi dengan  lambat. Penyebab gangguan ini biasanya adalah bakteri, virus, alergi, dan penyakit yang terkait dengan metabolisme tubuh seperti diabetes.

Terlepas dari penyebabnya, semua gangguan mata anjing memiliki gejala yang hampir serupa. Kamu bisa memperhatikan anjingmu apakah matanya sehat atau tidak. Mata anjing akan memerah jika mengalami gangguan. Selain itu, anjing akan cenderung menyipitkan matanya dan mengeluarkan air mata terus-menerus. Anjing yang takut terhadap cahaya atau disebut fotofobia juga diindikasi mengalami gangguan pada matanya. Gangguan mata anjing dapat menyebabkan anjing enggan untuk ke luar saat gelap. Penglihatannya akan terganggu dan tidak dapat melangkah dengan tangkas seperti biasanya.

Gangguan Mata pada Anjing dan Cara Mengobatinya

Berikut ini merupakan 3 jenis gangguan mata anjing yang paling umum terjadi. Pet Mates perlu mewaspadainya agar dapat melakukan tindakan yang tepat saat anjingmu mengalaminya. 

1. Glaukoma

Glaukoma merupakan penyakit yang disebabkan oleh peningkatan tekanan di dalam mata. Kondisi ini biasanya disebabkan oleh penyakit mata lainnya atau bisa juga terkait dengan sudut pandang yang menyimpang. Glaukoma termasuk gangguan mata anjing yang bersifat kronis. Selama menderita glaukoma, anjing akan merasakan nyeri pada bola matanya. Pupil mata anjing akan mengalami pelebaran dan saraf penglihatan anjing akan mengalami kerusakan. 

Untuk mengobati glaukoma, dokter hewan akan memberikan tetes mata yang berfungsi untuk menurunkan tekanan bola mata sekaligus melembabkannya. Pada kasus tertentu, dokter hewan akan melakukan tindakan pembedahan. Ketika mencurigai terjadinya glaukoma, sebaiknya kamu berkonsultasi dengan dokter mata hewan.

2. Konjungtivitis 

Gangguan mata anjing yang paling umum terjadi salah satunya adalah konjungtivis. Konjungtivis merupakan peradangan pada membran luar bola mata. Kondisi ini juga bisa disertai infeksi pada kelopak mata bagian dalam. Mata merah merupakan gejala awal dari gangguan ini. Konjungtivis dapat disebabkan oleh virus, bakteri, klamidia, dan alergi.

Perawatan untuk gangguan mata ini bisa dilakukan dengan pemberian obat tetes atau salep antibiotik dan obat anti-inflamasi. Air mata buatan juga sering digunakan untuk menghidrasi kornea mata. Agar pengobatan efektif, frekuensi pemberian air mata buatan sangat penting, yaitu sekitar 4-6 kali sehari.

3. Katarak

Katarak pada anjing dipicu oleh penyakit metabolik yang diderita anjing dalam waktu yang lama, misalnya diabetes dan rendahnya kadar kalsium dalam darah. Selain itu, kekurangan nutrisi dan keracunan juga dapat menyebabkan gangguan mata anjing ini. Anjing juga mungkin menderita katarak karena keturunan. Jenis ras yang memiliki risiko lebih tinggi terkena katarak diantaranya Cocker Spaniel, Golden Retriver, Boston Terrier, dan Siberian Husky.

Katarak tidak menyebabkan rasa sakit pada anjing, namun lama-kelamaan akan merusak penglihatannya. Perawatan dengan obat-obatan hanya dapat memperlambat proses kerusakannya. Untuk menyembuhkan katarak, dokter akan melakukan operasi untuk mengangkat lensa mata anjing dan menanamkan lensa yang baru di tempatnya.

Untuk menjaga kesehatan mata anjingmu, penuhi nutrisi dan vitamin yang dibutuhkannya. Berikan anjingmu Royal Canin. Royal Canin merupakan makanan dengan komposisi yang menyesuaikan dengan kebutuhan anjing kesayanganmu.