3 Cara yang Bisa Kamu Lakukan untuk Menemukan Kucing yang Hilang

Oct 09, 2018

Memelihara kucing bukan saja memberinya makan dan mengajaknya bermain. Pet Mates juga bertanggung jawab atas kesehatan dan keselamatan kucing. Rawatlah kucingmu dengan seksama. Perhatikan perilaku dan kebiasaan kucingmu sehari-hari. Sehingga ketika ada yang berubah dari kucingmu, kamu bisa langsung mengetahuinya. Kamu juga perlu mempelajari cara menemukan kucing hilang agar bisa segera bertindak saat kamu tidak menemukan kucingmu atau saat dia tidak di tempatnya seharian.

Ketika kamu pulang ke rumah dan tidak melihat kucingmu, jangan langsung berpikir bahwa kucingmu hilang. Hindari panik yang berlebihan karena akan membuatmu sulit berpikir jernih. Tenangkan dirimu dan fokuslah untuk mulai mencari keberadaan kucing. Kamu dapat melakukan 3 cara berikut ini untuk menemukan kucing hilang.

1. Carilah Kucing di Dalam Rumah Terlebih Dahulu

Cara menemukan kucing hilang yang pertama adalah mencari di dalam rumah. Sebelum mulai mencari ke luar rumah dan bertanya kepada tetangga sekitar, pastikan dulu kamu telah menyusuri seluruh area di dalam rumah. Panggil nama kucingmu dan carilah ke seluruh ruangan satu demi satu. Periksa setiap sudut, kolong meja, kolong tempat tidur, belakang lemari, atas rak, dan tempat-tempat yang mungkin dapat digunakan kucing untuk bersembunyi.

2. Susuri Lingkungan Sekitar dan Pasang Pengumuman Kehilangan 

Kalau kamu sudah yakin kucingmu tidak ada di dalam rumah, mulailah untuk mencari di luar rumah. Tanyakan kepada para tetangga apakah mereka melihat kucingmu. Kadang-kadang kucing suka bermain ke rumah tetanggamu yang juga menyukai hewan peliharaan. Jangan lupa untuk membawa lampu senter dan terus memanggil nama kucingmu. Kamu dapat mencari kucingmu pada siang hari maupun malam hari. Periksalah lorong-lorong gelap yang mungkin menjadi tempat persembunyian kucingmu.

Buatlah pengumuman tentang hilangnya kucingmu. Kemudian sebarkan melalui grup obrolan di area perumahanmu. Kamu juga dapat membuat pengumuman kehilangan di grup pencinta kucing di media sosial. Teman-teman di komunitas pencinta kucing dapat membantu memberikan informasi jika  mengetahui ada orang yang melihat kucingmu berkeliaran di sebuah tempat.

3. Jangan Menyerah!

Kamu dituntut untuk mengerahkan semua cara menemukan kucing hilang. Karena tiga hari sampai seminggu pertama sangat penting dalam mencari kucingmu. Pasalnya, tidak ada yang tahu bagaimana keadaan kucing selama menghilang. Beragam kemungkinan bisa terjadi misalnya, kucingmu saat ini tengah ketakutan di tengah keramaian lalu lintas atau kelaparan dan kedinginan di sebuah daerah yang dia tidak tahu. Jadi, tetaplah berusaha dan jangan menyerah untuk mencarinya!

Jika kamu telah mencarinya kemana-mana, tetapi kucingmu tidak juga ditemukan, harapan masih selalu ada. Banyak kasus yang terjadi, kucing pulang dengan sendirinya setelah beberapa hari menghilang. Bahkan sangat mungkin kucing pulang setelah beberapa bulan menghilang.  

Kehilangan kucing bisa menjadi tragedi yang menyedihkan bagimu dan keluarga. Dengan mengetahui 3 cara menemukan kucing hilang tersebut, kamu bisa lebih terarah dalam mencari kucingmu. Sehingga peluangnya lebih besar untuk kucingmu dapat ditemukan kembali.

Terimalah kucingmu kembali bagaimanapun keadaannya setelah beberapa waktu menghilang. Mungkin kucingmu akan tampak lebih kurus dan memiliki beberapa luka di tubuhnya. Berikan kucingmu makanan yang dapat membantunya memperbaiki sistem pemulihan di tubuhnya. Royal Canin cocok untuk memberi asupan nutrisi yang dibutuhkan kucing. Daya tahan tubuh kucing akan membaik dan bobot tubuhnya akan kembali seperti semula.

Selain konsisi fisik, pulihkan juga kondisi psikologis kucing dengan penuh ketelatenan. Besar kemungkinan kucing akan mengalami trauma setelah melewati kejadian-kejadian yang di luar dugaannya selama keluar dari rumah. Kucing akan sering terlihat gugup dan ketakutan. Selain itu, dengkurannya akan lebih sering terdengar saat panik. Kamu sebaiknya lebih sering untuk membelainya sebab hal ini akan memberikan kucingmu rasa nyaman.