3 Cara Agar Anjing Mudah Bersosialisasi

Oct 09, 2018

Anjing yang tidak dilatih bersosialisasi akan terlihat agresif dan mudah marah. Perilaku anjing seperti ini dapat membuat tidak nyaman. Terutama jika bertemu dengan orang baru, biasanya anjing akan menyalak dengan keras. Selain itu, anjing yang tidak dilatih untuk bersosialisasi akan menghadapi kesulitan bila harus hidup bersama hewan peliharaan lain. Itulah mengapa sangat penting untuk melatih anjing bersosialisasi.

Pet Mates tentu menginginkan anjing tidak takut menghadapi orang baru maupun hewan peliharaan lain. Anjing yang ramah kepada siapa saja memang sangat menyenangkan. Perilakunya manis dan menggemaskan. Untuk bisa memiliki anjing seperti ini, sebaiknya kamu melatih anjing bersosialisasi sejak dini. Pet Mates dapat mengikuti 3 cara berikut ini agar anjing mudah bersosialisasi.

1. Mulailah Melatih Anjing Bersosialisasi Sekarang

Jangan menunda untuk mulai melatih anjing bersosialisasi. Pet Mates dapat mengajari anak anjing tentang perilaku dan ketaatan. Mulailah program latihan sedini mungkin pada usia ketika anak anjing dapat mempelajari perilaku secara alami. Kamu juga dapat mendaftarkan anjingmu di sekolah khusus pelatihan anjing.

Menginjak usia dua bulan, anak anjing butuh lebih banyak untuk berinteraksi dengan dunia luar. Biasakan anjing untuk menggosokkan bahunya dengan manusia. Ini akan membuatnya lebih mudah untuk berkenalan dengan orang baru. Jika anjingmu merasa takut, sebaiknya kamu menghiburnya agar anjingmu merasa lebih nyaman. 

Biasakan anjing untuk berkenalan dengan banyak orang dan bertemu dengan hewan peliharaan lain. Anjing juga perlu dilatih untuk melihat arus lalu lintas serta naik kendaraan seperti motor dan mobil. Pet Mates sebaiknya terus melatih anjing bersosialisasi terutama pada rentang usia satu bulan pertama sampai satu tahun. 

2. Lakukan dengan Cara yang Menyenangkan

Anjing akan merasa tertekan jika terus-menerus menjalani latihan. Jauh lebih baik jika kamu membuat suasana latihan sealami mungkin seperti sedang bermain. Buatlah anjingmu merasa nyaman dan gembira. Jangan lupa untuk memberikan hadiah atau sekedar pujian bila anjingmu bersikap ramah kepada semua orang, misalnya. Ini akan membuat anjing lebih percaya diri dan tidak takut untuk bersosialisasi.

Melatih anjing bersosialisasi tidak sulit. Namun dibutuhkan kesabaran dan waktu yang terus-menerus. Jika kamu tidak membuat anjing merasa senang selama latihan, maka akan sulit mengajaknya latihan kembali pada kesempatan berikutnya. Anjing akan merasa cemas dan cenderung mengurung diri.

3. Berikan Pengalaman Positif

Anjing akan mengingat kejadian-kejadian yang dialaminya saat masih kecil. Oleh karena itu sangat penting untuk selalu memberikan pengalaman positif kepada anak anjing. Terutama saat anak anjing berusia tiga sampai dua belas minggu. Pengalaman pada masa ini akan diingat anak anjing sepanjang hidupnya. 

Trauma masa kecil seperti mendengar suara petir, sendirian, dan dipukul manusia, akan membuat anjing tumbuh menjadi penakut dan mudah cemas. Biasakan anjing untuk melakukan interaksi dengan manusia secara perlahan. Ajaklah anjing untuk bertemu dengan banyak orang.

 

Melatih anjing bersosialisasi memang sangat diperlukan ketika anjing masih kecil. Namun bukan berarti kamu dapat membiarkannya tanpa latihan ketika anjing sudah dewasa. Anjing perlu diajak bersosialisasi secara teratur sepanjang hidupnya. Ajaklah anjingmu jalan-jalan untuk menghilangkan stres dan membuatnya lebih ramah untuk bersosialisasi.

Jika anjingmu selalu merasa takut dan cemas menghadapi orang baru atau hewan peliharaan lain, kamu dapat memeriksakannya kepada dokter hewan. Dokter hewan akan membantumu untuk mencari solusi terbaik agar anjingmu bisa segera sembuh.

Adapun cara mudah agar anjing menjadi ramah kepada orang lain adalah dengan menjaga kondisi tubuhnya. Memberikan makanan yang bernutrisi merupakan cara terbaik menjaga kesehatan anjing. Salah satu makanan terbaik dan direkomendasikan oleh para dokter hewan adalah Royal Canin.

Beragam varian produk tersedia untuk beragam jenis anjing yang berbeda, yakni antara lain untuk puppy (anak anjing),anjing dewasa, anjing senior, hingga ras anjing tertentu lainnya. Dengan tekstur yang disesuaikan , Royal Canin pun akan memudahkan anjing kesayanganmu untuk mengonsumsinya.