3 Cara Melatih Anak Anjing Agar Tidak Penakut

Jan 23, 2019

Pelatihan anjing termasuk bagian penting dari tumbuh kembang seekor anak anjing. Hal ini merupakan salah satu tanggung jawab besar dalam memelihara anak anjing. Siapa Sih yang tidak suka dengan anjing yang memiliki perilaku baik? Namun, perilaku seperti ini tidak bisa terbentuk begitu saja. Pet Mates juga perlu untuk melatih anak anjing sejak dini. 

Anjing dewasa yang penakut belum tentu pernah mengalami trauma pada masa kecilnya. Bisa jadi, perilakunya yang penakut terbentuk hanya karena selama ini ia tidak mendapatkan pelatihan yang tepat. Anak anjing perlu mendapatkan latihan secara bertahap yang berkesinambungan, agar tumbuh menjadi anjing dewasa yang berperilaku baik dan tidak penakut. 

Sebaiknya kamu mulai melatih anak anjing sedini mungkin. Anak anjing cenderung lebih mudah untuk meniru induknya dan punya rasa ingin tahu yang besar. Kamu bisa menerapkan cara yang tepat untuk melatih anak anjingmu agar tidak tumbuh menjadi anjing yang penakut. Kamu dapat mengikuti 3 cara berikut ini untuk melatih anak anjing. Apa saja? Yuk, simak ulasannya.

 

1. Mengenalkan Anjing pada Kata Perintah

Cara melatih anak anjing yang pertama adalah dengan mengenalkan anjingmu pada kata perintah. Walaupun tidak berkaitan langsung, karakter anjing yang penakut atau tidak, mengenalkan kata perintah pada anjing dapat mempermudah proses latihan lainnya. Ini termasuk pelatihan dasar dalam melatih anak anjing.

Sebelum kamu mengenalkan anjingmu beberapa kata perintah, pastikan anjingmu sudah memiliki nama dan anjingmu mengetahui namanya. Mengetahui namanya sendiri sangat penting, agar anjing dapat menanggapi saat kamu memanggilnya. Semakin pendek nama anjing, semakin mudah baginya untuk belajar. Dukung pelatihan ini dengan melakukan sesuatu yang menyenangkan dengan anak anjing sebelum memulai. Kamu bisa mengucapkan nama anak anjing secara perlahan dan jelas untuk menarik perhatiannya, kemudian berikan anjingmu hadiah jika ia bisa menanggapi panggilanmu.

Berikutnya kamu bisa mulai melatih anak anjing dengan kata “tidak”. Anjingmu harus mengerti sejak awal bahwa ketika kamu mengatakan “tidak” maka itu artinya sebuah larangan. Pastikan kata perintah yang kamu gunakan konsisten, apa yang kamu larang hari ini akan terus kamu larang di hari berikutnya. Kamu juga perlu memberitahu keluargamu apa saja yang dilarang untuk dilakukan anjingmu. Hal ini sangat penting karena di mana pun dan kapan pun kamu mengatakan “tidak”, anjingmu akan mengetahui bahwa yang dilakukannya tidak diperbolehkan.

 

2. Ajak ke Tempat Ramai

Cara melatih anak anjing berikutnya yang bisa kamu lakukan agar ia tidak menjadi anjing penakut adalah dengan mengajaknya ke tempat yang ramai. Kamu tidak perlu mengajak anjingmu ke tempat yang ramai sampai berdesakan, namun cukup ke tempat di mana anjingmu akan bertemu dengan manusia dan hewan lain yang tidak pernah ia temui di dalam rumah.

Kamu bisa mengajaknya berjalan santai ke taman kota setiap hari. Selain untuk membiasakan anjingmu dengan suasana yang ramai, kamu juga bisa sekaligus mengajaknya untuk berolahraga. Selain itu, kamu juga bisa mengajak untuk lari pagi keliling perumahan agar ia bisa bertemu dengan lebih banyak orang.

3. Biasakan Bersosialisasi

Bertemu dan berinteraksi dengan manusia atau hewan peliharaan lain dapat membuat anjing merasa nyaman dan tidak takut. Namun, anjingmu perlu dilatih agar terbiasa untuk bersosialisasi. Membiasakan anjing bersosialisasi merupakan cara yang tepat untuk  melatih anak anjing agar tidak penakut. 

Pet Mates bisa mengajak anjingmu datang ke pameran anjing dan biarkan ia bersosialisasi dengan anjing lainnya. Mungkin pada awalnya anjingmu akan takut dan bersembunyi. Sebaiknya kamu tidak memaksanya untuk berinteraksi dengan anjing lain. Biarkan ia terbiasa dengan suasana yang ramai sampai kemudian berani untuk mendekati hewan peliharaan lain. Selain itu, kamu juga harus mengawas anjingmu agar ia tidak berlari jauh dan usahakan jangan melepasnya sendirian. Tak ada salahnya kan jika kamu juga mempersiapkan leash yang nyaman, agar anjingmu bisa lebih leluasa berkeliling.

Itulah 3 cara melatih anak anjing yang bisa kamu lakukan agar anjingmu tidak menjadi anjing yang penakut. Sebaiknya kamu terus mendukung proses latihan anjingmu dengan menjamin tercukupinya nutrisi yang dibutuhkan anjing. Berikan anjingmu Royal Canin. Royal Canin merupakan makanan anjing yang mengandung beragam nutrisi penting dengan komposisi yang tepat sesuai dengan kebutuhan spesifik anjing.  

source : http://www.royalcanin.in/pet-care-blog/dog/training-behaviour/training-your-puppy-in-7-easy-steps